Kamis, 22 Juli 2010

Gua Seropan

terletak di Desa Semuluh , kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Gua seropan berada sekitar 45 km sebelah timur Yogyakarta. Jalur yang di tempuh adalah Yogyakarta - Wonosari -disambung jalan yang menuju ke arah Bedoyo. Terletak 200 meter dari jalan Wonosari - Bedoyo. Dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum, dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dari Yogyakarta.

Panjang gua kurang lebih 888 m dengan kedalamannya sekitar 62 meter.Pintu gua terletak pada titik terendah dari sebuah lembah yang tertutup. Jalan yang menuju ke pintu gua terjal diatas batu yang licin. Setelah itu lorongnya beratap rendah sampai kemudian melewati suatu ruangan yang lebih besar. Bagian lorong berikutnya dasar lantainya berair dan berlumpur hingga selutut. Panjang lorong ini sekitar 211 meter pada percabangan lorong, ke sungai bawah tanah yang memiliki debit air sangat besar lebih dari 750 lt / dt di musim kemarau.

Gua Seropan, keindahan yang terlahir dari hasil perkawinan antara stalagtit yang menggoreskan eksotisme 3d ornament dan aliran sungai bawah tanah membuat mata terperangah. Di gua karst yang terbentuk di kedalaman 60 meter di bawah permukaan tanah ini terdapat air terjun yang bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dengan menggunakan microhydro technology. Banyak potensi yang dapat digali, tinggal bagaimana perpaduan pemerintah dan masyarakat untuk memberdayakannya.

Di Goa Seropan, dua air terjun setinggi delapan meter dan tujuh meter mengalirkan keindahan air sungai bawah tanah. Di pinggiran aliran sungai, potongan tulang-tulang binatang purba yang telah membatu dan berwarna hitam tercetak pada batuan kapur. aktu tujuh jam menyusuri Goa Seropan. Perjalanan kami menyusuri goa itu sesekali terhenti untuk menyaksikan tulang belulang binatang purba. Rangka gajah purba yang diperkirakan tergolong jenis stegodon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar