Kamis, 01 Juli 2010

Gua Jomblang

Bukan perkara mudah untuk mencapai dasar gua vertikal sedalam 40 meter. Tetapi bagi mereka yang bernyali dan menyukai tantangan, tentu hal ini menjadi keasyikan tersendiri. Orang yang awam dengan gua vertikal harus mendapat kursus SRT (Single Rope Technique), yaitu teknik menuruni dan menaiki medan vertikal dengan lintasan tali, karena hanya dengan menuruni tali, gua seperti ini dapat ditelusuri. "Tetapi kalau memang benar-benar berani ya langsung turun saja, meskipun tetap kita dampingi," ujar Butad dari MAYAPALA (Mahasiswa Yogyakarta Pecinta Alam).

Tali dan alat pengaman yang akan digunakan untuk menuruni gua harus dipastikan benar-benar dalam keadaan aman. Memang terkesan ribet tetapi sebenarnya itu adalah prosedur standar yang mesti harus dilakukan. Uci yang telah terbiasa keluar masuk gua ini menyatakan bahwa tidak ada kesalahan sedikitpun dalam aktivitas alam ini. Benar-benar kegiatan yang beresiko tetapi mengasyikan. Gua Jomblang yang mempunyai mulut gua cukup lebar ini terletak daerah Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Di dasar gua terdapat hutan kecil yang cukup lebat. Sebuah fenomena yang menakjubkan karena lingkungan sekitar Gua Jomblang adalah tanah kapur yang tandus. Dari dasar gua perjalanan dapat dilanjutkan memasuki lorong Gua Jomblang menuju Gua Grubug. Sebuah gua vertikal yang mempunyai rongga yang besar dengan mulut gua yang kecil. Gua ini mempunyai sungai bawah tanah dengan debit air yang cukup besar. Tepat pada jam 12 siang, mulut gua akan membentuk tiang cahaya dari sinar matahari yang masuk tegak lurus ke dalam gua. Benar-benar pemandangan yang sangat indah dan spektakuler.

Menuruni Gua Grubug memang lebih menantang karena caver akan menuruni gua dengan tali yang berputar-putar setinggi lebih dari 50 meter. Kedua gua ini memang mempunyai kisah yang menyeramkan karena menjadi tempat pembantaian aktivis PKI di tahun 60-an. Selain itu sampai tahun 90-an di Gua Grubug masih ditemukan mayat korban penembakan misterius yang sengaja dimasukkan ke dalam gua. Diduga mayat-mayat itu adalah para penjahat yang sudah tidak mempan lagi dipenjara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar