Jumat, 02 Juli 2010

Tebing Karang Pantai Siung

Tebing yang terjal dengan kemiringan 90 derajat bukanlah sesuatu yang menakutkan bagi para climber. Justru tebing-tebing yang belum banyak dipanjat orang dan sulit ditaklukan adalah tebing-tebing yang lebih diminati. Bagaimana strategi pemanjatan, teknik-teknik yang digunakan, hingga kesulitan-kesulitan yang dialami semisal dalam pembukaan jalur menjadi tantangan tersendiri bagi setiap climber yang mendaki tebing-tebing Pantai Siung.

Deburan ombak dan tiupan angin yang menderu-deru akan menambah semangat dan gairah para climber untuk menaklukan tebing-tebing di pantai ini. Angin yang bertiup kencang sedikit banyak mempengaruhi proses pemanjatan. Meskipun demikian memanjat tebing-tebing Pantai Siung memang menjadi pengalaman tersendiri. Di tengah-tengah jalur pemanjatan climber akan melihat keindahan pantai berpasir putih yang mempunyai batu-batu raksasa. Pemandangan indah ini akan menjadi setting pemanjatan di pantai ini. Temon(Mayapala), salah seorang climber Jogja, mengatakan bahwa di pantai ini tidak sekedar memanjat tebing tetapi juga menikmati serunya pemanjatan dan indahnya pemandangan.

Pantai Siung di kawasan pantai selatan Gunung Kidul mempunyai banyak tebing yang dapat digunakan untuk pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Total ada 250 jalur yang dapat digunakan untuk pemanjatan. Tebing-tebing ini pada tahun 2005 pernah digunakan untuk event Asian Climbing Gathering yang melibatkan ratusan pemanjat tebing Asia.

Selain di Pantai Siung, Yogyakarta juga mempunyai tebing-tebing lain yang tidak kalah menantang dan mempunyai karakteristik yang beragam, seperti Tebing Bedoyo di kawasan kapur Semanu (Gunung Kidul), Tebing Samigaluh di dataran Tinggi Menoreh (Kulon Progo), dan Tebing Parangendog di Pantai Parangtritis. Meskipun demikian, tebing Pantai Siung adalah yang paling menarik dan menantang. Bahkan menurut Temon, Pantai Siung ini adalah surganya para pemanjat tebing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar